Ketua PWI Sibolga-Tapteng, Jason Gultom, yang diwakili oleh Sekretaris Preddy Situmorang, juga menyampaikan dukungan terhadap pembentukan FKDM.

Menurutnya, pembentukan FKDM di Kota Sibolga menjadi langkah penting dalam menjaga rasa aman dan kondusif serta memelihara persatuan dan kesatuan bangsa, terutama dalam menghadapi isu-isu yang dapat mengancam keutuhan negara.

Preddy menekankan peran wartawan dalam memberikan informasi terkait potensi ancaman, hambatan, dan gangguan keamanan yang dapat memengaruhi ketertiban umum dan keutuhan negara.

“Kita berharap FKDM dapat menjadi wadah untuk mengumpulkan informasi yang berkembang di masyarakat untuk segera dapat diinformasikan kepada pemerintah atau dinas terkait guna mencari solusi yang tepat, sehingga ketika terjadi permasalahan tidak sampai melebar dan penanganannya lebih mudah,” ujar Preddy.

Kepala Kantor Kesbangpol Denni Aprilsyah Lubis menjelaskan bahwa FKDM merupakan sebuah wadah bagi berbagai elemen masyarakat dalam menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat.

Keanggotaan FKDM mencakup perwakilan dari organisasi kemasyarakatan, tokoh pendidikan, tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh agama, dan insan pers.

“Nantinya forum ini memiliki tugas mendeteksi dini dan mencegah potensi ancaman, tantangan, hambatan, gangguan (ATHG), yang mungkin terjadi di Kota Sibolga, yang mengancam keamanan, ketertiban umum dan keutuhan NKRI,” kata Denni Aprilsyah Lubis.

Denni menjelaskan tugas FKDM antara lain menjaring, menampung, mengoordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman, tantangan, hambatan, gangguan (ATHG).

“Forum ini akan memberikan laporan informasi dan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah,” tambahnya.

Denny berharap seluruh elemen masyarakat, termasuk tokoh agama, wartawan, dan berbagai lembaga kemasyarakatan, berkomitmen untuk bersatu dalam upaya menjaga keamanan dan kerukunan khususnya di Kota Sibolga.

Rapat tersebut juga dihadiri Sekretaris Dewan Pendidikan Kota Sibolga, Ulianto Hutagalung. (red)

Baca Berita menarik lainnya dari Tapanulipost.com di GOOGLE NEWS

[bacaselanjutnya judul="Baca Selanjutnya"]